Tindaklanjuti MoA dengan Panwaslih Aceh Selatan, Fisip UTU Hadiri Launching Gampong Demokrasi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 29. 10. 2021
  • 0
  • 786

Tapaktuan | Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (28/10/2021) melakukan Launching Gampong Demokrasi di Gampong Ujung Bate Kecamatan Pasie Raja Aceh Selatan.

Launching Gampong Demokrasi ini dibuka langsung oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Provinsi Aceh Marini. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Bupati Aceh Selatan, seluruh komisioner Panwaslih Aceh Selatan, Ketua DPRK Aceh Selatan, Ketua KIP Aceh Selatan, Muspika setempat dan Dekan Fisip UTU Basri, SH., MH beserta rombongan.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan Baiman Fadhli dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Gampong Demokrasi ini merupakan cita-cita Bawaslu dalam menjaga demokrasi. ia menilai demokrasi bukanlah nilai pada kontestasi politik, tapi bagaimana subtansi demokrasi itu akan berdampak bagus bagi kehidupan masyarakat terutama ekonomi masyarakat. ”tingginya cost politik akan berdampak pada ekonomi masyarakat dan juga nilai-nilai, celah-celah ataupun pundi-pundi serta peluang-peluang tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh pejabat kita”.ungkap baiman,

“Mari kita besinergi untuk terlibat langsung dalam program ini, hari ini Panwaslih Aceh melalui Panwaslih Aceh Selatan Selatan hadir di tengah-tengah masyarakat, mari kita merubah demokrasi ini menjadi lebih baik” tambah baiman.

Basri, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan “terimakasih kepada Panwaslih Aceh dan Panwaslih Aceh Selatan karena telah memberi kesempatan kepada kami untuk ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan program Gampong Demokrasi ini”. Tentunya kami akan mengambil peran dalam menjalankan program ini, apalagi Fisip UTU telah menjalin kerjasama dengan Panwaslih Aceh dan Panwaslih Aceh Selatan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat agar terlibat aktif dalam hal mengawal demokrasi termasuk memahami cara berdemokrasi melalui sosialisasi serta edukasi pendidikan politik bagi masyarakat yang dimulai  dari Pemerintahan terkecil, ucapnya.

Fisip UTU selaku perguruan tinggi memiliki kewajiban menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu menyelenggarakan  pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, tutupnya. | Official Fisip

Doc. Dekan Fisip Hadiri Launching Gampong Demokrasi di Aceh Selatan | 2021

Lainnya :