Tim Safari Ramadhan UTU Akhiri Silaturrahmi Dengan  Warga Meureubo
  • UTU News
  • 19. 05. 2019
  • 0
  • 507

MEULABOH – Tim Safari Ramadhan Universitas Teuku Umar (UTU) tahun 2019 yang mengunjungi  8 (delapan) gampong dalam Wilayah Kecamatan Meureubo, Kebupaten Aceh Barat, dalam rangka silaturrahmi dan menyampaikan tausiyah, telah berakhir.

“Alhamdulillah, silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah yang kita lakukan dalam bulan ramadhan tahun ini antara Sivitas Akademika UTU dengan masyarakat Kecamatan Meureubo, semakin erat, dan berkah”.

Dengan penuh kekeluargaan dan keikhlasan masyarakat delapan desa menyambut tim safari ramadhan UTU  berbuka puasa dengan berbagai hidangan ‘spesial. Jum`at malam, 17 Mei 2019, tim safari ramadhan UTU mengakhiri silaturrahmi dan tausiyahnya di Desa Peunaga Baro dan Desa Peunaga Pasi.

Mewakili Rektor UTU, Prof. Dr. H. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, Tim Safari Ramadhan, dipimpin Kepala Biro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE.,Ak, berbuka puasa bersama dengan masyarakat di dua desa tersebut. Untuk Gampong Peunaga Baro, tausiyahnya disampaikan oleh Ustaz Sulaiman Ali, ST.,MT, Dosen Fakultas Teknik dan juga Ketua Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) UTU. Sedangkan di Gampong Peunaga Pasi, tausiyah diisi oleh Ustaz Hasanuddin, MP, Dosen Fakultas Pertanian UTU.

Tahun 2019 ini, Tim Safari Ramadan UTU masih ‘bergerak’ dalam Wilayah Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, pada 8 (delapan) gampong. (desa yang bertetangga dengan UTU) yaitu Gampong Ujong Tanoh Darat, Gampong Peunaga Rayeuk, Gampong Rantau Pamyang Barat, Gampong Para Peunaga, Gampong Gonong Kleng, Gampong Peunaga Cut Ujong, Gampong Peunaga Baro, dan Gampong Peunaga Pasi.

Teungku Muhammad Idris, M. Pd ditunjuk sebagai koordinator Tim Safari Ramadhan tahun ini. Anggota Tim Safari Ramadan Universitas Teuku Umar (UTU) adalah Muzakkir Abdullah, Sulaiman Ali, Rinaldi Iswan, Muhammad Idris, TR Akbar, M. Yunus Bidin, Samwil, Ahmad Fauzi, Husni Mubarak, Zulfirman, Alisman, Abrar Bunah, Said Adla Fauzan, Aduwina,  Sudarman, Raflizar, Hasanuddin, Fitriadi, Ilham, Hasrah Junaidi, Hasanuddin, Jun Musnadi.

Jamaah shalat tarawih dan witir di Masjid Komplek Gampong Peunaga Baro selain masyarakat setempat, juga para mahasiswa UTU yang berdomisili di gampong tersebut. Ustaz Sulaiman Ali dalam tausiyahnya sekitar 10 menit antara lain menyampaikan kelebihan dan fadhilah amal dalam bulan ramadhan yang dapat diperoleh bagi jamaah. “Insan yang beriman akan mendapatkan fadhilah amal yang berbeda-beda pada setiap malam yang melaksanakan tarawih, misalnya fadhilah amal malam pertama ramadhan berbeda dengan malam kedua dan seterusnya”, begitu Ustaz Sulaiman Ali menguraikan.

Dalam kesempatan tausiyah singkat itu, Ustaz Sulaiman Ali mengajak jamaah untuk meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT “La`allakum Tattaqun’ (mudah-mudahan kamu bertaqwa). Hakikat taqwa yang Allah  maksudkan diakhir Ayat Surat Al-Baqarah tersebut, mengandung makna harapan. Artinya, Allah SWT sangat berharap kepada hamba-Nya hendak-lah menjadi insan taqwa setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh melaksanakan ibadah ramadhan.  (***)

Lainnya :