Tahun 2020, UTU Tambah  Skema Penelitian dan Pengabdian Hibah Internal
  • UPT_TIK
  • 12. 08. 2020
  • 0
  • 321

MEULABOH, UTU - Menyadari pentingnya peran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Teuku Umar (UTU),  dalam tahun 2020 ini menambah skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  menjadi 6 (enam) skema dari 2 (dua) skema yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Sekretaris LPPM-PM Universitas Teuku Umar (UTU) menjelaskan hal itu ketika memberi materi pada Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Penelitian-Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi II Tahun 2020, Hibah Internal yang sumber dana PNBP UTU, secara langsung, di Aula Utama UTU, Selasa, 11 Agustus 2020.

Herdi menjelaskan,  jika sebelumnya hanya ada dua skema Penelitian Dosen Muda (PDM) dan Pengabdian Berbasis Riset , maka mulai tahun  2020 ini UTU menambah skema penelitian menjadi empat yaitu Penelitian Asisten Ahli,  Penelitian Lektor, Penelitian Lektor Kepala, Penelitian Guru Besar  dan Penelitian Penugasan.

Sedangkan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari dua skema yaitu Pengabdian Berbasis Riset dan Pengabdian Penugasan. “Arah dan fokus peneltian-pengabdian  ini perlu kami sampaikan, harus mendukung  visi dan misi Universitas Teuku Umar (UTU) yaitu menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di sector agro dan marine industry diperingkat regional (2025), nasional (2040) dan internasional (2060)”, sebut Herdi.

Menurut Herdi Susanto, panduan pelaksanaan penelitian Universitas Teuku Umar Tahun 2020 edisi II ini memberikan penjelasan tatacara pelaksanaan penelitian, mulai dari  tahap penulisan proposal, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi hasil. “Panduan ini juga menjadi dokumen dasar yang dijadikan acuan dalam penyusunan penelitian di Universitas Teuku Umar dan menjelaskan tentang kebijakan atau mekanisme pengelolaan penelitian”, ujar Herdi yang juga Dosen Fakultas Teknik UTU.

Herdi menjelaskan, penerbitan buku panduan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan program-program yang dikeluarkan oleh  Universitas Teuku Umar, Ditlitabmas dan lembaga lainnya agar dapat dipertanggungjawabkan secara lebih baik tanpa mengurangi kreativitas para pengusul dan pengelola penelitian di Universitas Teuku Umar (UTU). (***)

Lainnya :