Ratusan Alumni Hadiri Diskusi Publik & Berbuka Puasa Bersama di UTU
  • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
  • 20. 05. 2019
  • 0
  • 309

PPID.UTU | Meulaboh- Ratusan Alumni Universitas Teuku Umar yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Universitas Teuku Umar (IKA UTU) menghadiri acara diskusi publik dan temu alumni yang bertema "peran alumni dalam mewujudkan UTU sebagai kampus sumber Inspirasi dan Referensi. Kegiatan dipusatkan di Aula Universitas Teuku Umar (18/5) yang dihadiri Rektor UTU, Prof. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA. Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin Zakaria, MA; para Kepala Biro, Dekan dan jajaran civitas Akademika dalam lingkup UTU, Ketua BEM, UKM dan Ketua IKA UTU beserta jajaran kepengurusannya.

Ketua IKA UTU dalam sambutannya menyampaikan bahwa alumni UTU sangat mengapresiasi perkembangan pembangunan UTU, baik secara infratruktur maupun peningkatan kualitasnya. "Kami para alumni belum bisa berbuat banyak, dari segi usia IKA UTU barulah seumur jagung, belum banyak alumni yang berperan penting dalam pemerintahan maupun bidang lainnya, sangat berbeda dengan para alumni kampus lain diluar sana. Meski demikian kami tetap ingi berperan dalam mewujudkan kampus UTU sebagaimana visinya, sesuai dengan kemampuan kami." Kata Romi

"Kali ini kami hanya mampu menyumbang beberapa buku bacaan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh adik-adik kami, jangan dilihat jumlahnya tapi lihatlah niatnya." Lanjut Romi disambut gemuruh tepuk tangan.

Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian Alumni (IKA UTU) terhadap kampus, sinergi antara kampus dan Alumni sangat penting. "Kami terus menjalin komunikasi dan diskusi dengan IKA UTU, karena banyak hal positif dapat dilakukan oleh Alumni untuk mendorong percepatan pembangunan kampus UTU, salah satunya kegiatan diskusi dan temu alumni ini." Kata Dr. Mursyidin.

"Dukungan dari alumni ini (sumbangan buku) sangat berharga dan berkesan bagi kami, ini bentuk dukungan besar untuk UTU, bukan perkara kecil. Sumbangan buku ini bentuk peran nyata alumni, selain itu alumni dapat menjadi corong bagi UTU dalam hal menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang UTU." Tutup Dr lulusan UKM Malaysia itu.

Acara diskusi dipandu oleh Dedi Darmansyah, SP., M.P (alumni pertanian), menghadirkan narasumber Rektor UTU Prof. Jasman J. Ma'ruf, SE.,MBA, perwakilan alumni UTU, Sabki Mustafa Habli, S.Sos yang saat ini menjabat sebagai Komisioner KIP Aceh Barat; dan Warek III UTU, Dr. Mursyidin Zakaria, MA.

Dalam paparannya, Rektor Prof. Jasman menyampaikan perkembangan pembangunan insfrastruktur kampus dan rencana tindak lanjut pengembangan kedepan, selain itu Rektor juga menyampaikan tentang para alumni yang sudah berkiprah dan mengabdi di kampus. "Ada 45 orang alumni yang sudah bekerja di UTU, manyoritasnya sebagai Dosen. Secara kualitas mereka dianggap mampu bersaing dengan alumni-alumni dari kampus lain, mereka tidak kalah saing dan juga berprestasi. Bahkan ada beberapa alumni yang dipercayakan pada peran-peran strategis." Papar Rektor Prof Jasman.

"Dalam dua tahun terakhir kita tidak menerima tenaga non PNS, ini buntut dari kebijakan kementerian yang melarang penerimanaan tenaga kontrak non PNS. Namun untuk posisi Dosen kedepan lebih banyak lagi diperlukan, apalagi jika kampus utama UTU sudah selesai dibangun" kata Prof. Jasman

"Kita berharap para alumni dapat menjadi sumber referensi ditengah-tengah masyarakat, banyak hal positif yang dapat dilakukan oleh alumni dalam masyarakat yang tentunya dapat berimplikasi positif terhadap kampus." Tutup Prof. Jasman

Sabki Mustafa Habli, S.Sos dalam orasinya menyampaikan bahwa Alumni sangat penting dilibatkan dalam berbagai sendi kehidupan kampus tentunya untuk mendorong tewujudnya visi kampus sebagai sumber referensi dan inspirasi. "Kami alumni senantiasa peduli dan peka terhadap almamater, bahkan untuk hal spesifik seperti persoalan beasiswa bidikmisi adik-adik mahasiswa aktif ada yang bertanya kepada kami, setiap informasi yang berkembang di masyarakat tentang UTU, tetap kami klarifikasikan ke kampus sesuai dengan bidangnya. Komunikasi dua arah saya pikir perlu untuk menciptakan harmonisasi hubungan alumni dan kampus." Kata Sabki lulusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU.

Dikesempatan terakhir, Wakil Rektor III Dr. Mursyidin Zakaria, MA menyampaikan informasi tentang pembentukan Inkubator Bisnis UTU yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh Alumni dalam membangun dan mengembangkan berbagai usaha yang inovatif. "Ini kesempatan yang baik, bagi alumni yang memiliki inovasi bisnis dan ingin mengembangkan usahanya, kami persilahkan untuk datang ke kantor Inkubator Bisnis untuk didiskusikan, bahkan siap untuk dimodalkan bagi usaha alumni yang inovatif." Tutup Dr. Mursyidin

Penyerahan Buku

Diakhir acara diskusi, dilakukan penyerahan buku secara simbolis oleh Ketua IKA UTU yang didampingi pengurus terasnya kepada Rektor UTU yang didamping Wakil Rektor III dihadapan ratusan alumni dan undangan yang berhadir. Kegiatan ditutup dengan acara buka puasa bersama.

"Ini salah satu bentuk keseriusan Rektor dalam membangun komunikasi aktif dengan alumni, yaitu lewat jamuan berbuka puasa bersama." Kata Wakil Rektor III Dr. Mursyidin.

Editor: Aduwina Pakeh

Komentar :

Lainnya :