Prodi Administrasi Negara resmikan
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 13. 08. 2020
  • 0
  • 333

Meulaboh, Prodi Administrasi Negara-FISIP UTU telah meluncurkan jurnal mahasiswa prodi Administrasi Negara yaitu “Jurnal Of Public Service” pada Selasa, 12 Agustus 2020. Peresmian jurnal tersebut langsung diresmikan oleh Dekan FISIP UTU. Pada acara tesebut dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen FISIP dan juga mahasiswa FISIP. Jurnal of public service dibentuk oleh Tim Dosen prodi ilmu administrasi Negara dengan diketuai oleh bapak Nodi Marefanda, M.AP. Adapun latar belakang yang menjadi dasar terbentuknya jurnal bagi mahasiswa ini, yaitu adanya kebutuhan jurnal selain untuk dosen, juga untuk mahasiswa sebagai upaya menyebarluaskan hasil riset yang telah dilakukan, karena jurnal merupakan kebutuhan dasar sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi serta wujud pencapaian visi dan misi utu sebagai sumber inspirasi dan referensi.

Jurnal ini dibuat khusus untuk mahasiswa dengan tujuan sebagai wadah ilmiah dari hasil riset yang telah dilakukan mahasiswaa. Journal of public service ini bukan hanya menampung artikel mahasiswa internal utu, tetapi juga artikel mahasiswa di luar UTU. Selain itu tujuan besar pembentukan jurnal mahasiswa ini adalah sebagai upaya menyebarluaskan keilmuan kepada khalayak umum, khususnya dalam bidang administrasi negara.

Selain itu dengan adanya jurnal ini untuk melatih mahasiswa untuk mau menulis dan meningkatkan skill serta pengetahuan mereka dalam bidang menulis artikel ilmiah. Mengingat mahasiswa kini bukan hanya dituntut untuk selesai study dengan tuntas dan meraih nilai yang cumlaude, namun mereka juga harus memiliki skill untuk menulis artikel ilmiah. Terbiasa menulis artikel ilmiah akan membuat mereka menjadi lebih tajam dalam menganalisa suatu isu yang muncul disekitar kita.

Dalam sambutannya Dekan Fisip mengatakan, "Sangat bagus sekali langkah yang dilakukan prodi administrasi negara untuk membuat jurnal bagi mahasiswa, agar mereka semakin termotivasi untuk menulis dan berpikir ilmiah. Semoga prodi-prodi lain di FISIP juga akan membuat jurnal khusus bagi mahasiswa sesuai dengan bidang ilmunya, " ungkapnya.

 “ Kita berharap dalam pengelolaannya, journal of public service selalu mengacu pada pedoman akreditasi jurnal nasional (ARJUNA) serta mekanisme open journal system (OJS) sehingga dalam kurun waktu 2 tahun dapat diajukan untuk akreditasi,” jelas Nodi Marefanda. (Debby Reiza)

Komentar :

Lainnya :