Perangi Stunting di Aceh, UTU Kirim 97 Mahasiswa ke Daerah
  • UTU News
  • 28. 07. 2021
  • 0
  • 1483

MEULABOH-UTU| Universitas Teuku Umar harus mengambil peran penting dalam peningkatan kualitas SDM untuk mempercepat penurunan stunting sampai menuju angka 14% di tahun 2024, sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi. Angka 14% adalah sangat penting dan mendesak, kenapa dikatakan sangat penting dan mendesak, karena sekarang ini window of opportunity telah bonus demografi terjadi di bangsa Indonesia. Begitu disampaikan oleh Kepala BKKBN RI pada kegiatan FGD tentang Stunting awal bulan Juli 2021 yang lalu.

Berangkat dari persoalan tersebut, pada Senin tanggal 26 – 27 Juli 2021, Universitas Teuku Umar secara serentak telah menerjunkan sebanyak 97 mahasiswa di Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulue dalam rangka melaksanakan program magang dan bina desa dalam rangka menurunkan prevalensi stunting di Provinsi Aceh selama 6 bulan ke depan.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA mengatakan bahwa, persoalan stunting tidak bisa di atasi dalam waktu singkat, karena menurutnya stunting bukan hanya masalah kesehatan, melainkan juga masalah sosiologis (pola pikir) masyarakat.

“Diperlukan upaya yang terintegrasi & komprehensif dari semua stakeholder dalam rangka penanganan kasus stunting di Aceh. Oleh sebab itu saya berharap agar semua pihak dapat bekerja sama dalam rangka melaksanakan perang suci memerangi stunting di Provinsi Aceh. Menurut data dari BKKBN RI, Aceh adalah salah satu provinsi dengan angka kasus stunting yang tertinggi di Indonesia,”jelas Prof. Jasman.

Untuk diketahui, pelaksanaan serah terima mahasiswa yang dibarengi dengan kegiatan sosialisasi dan koordinasi program kompetisi kampus merdeka Universitas Teuku Umar dipusatkan di beberapa lokasi, di antaranya di Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, di Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya, di Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan dan di Kecamatan Gunung Merah Kabupaten Aceh Singkil. Sementara itu, hari kedua yakni pada tanggal 27 Juli 2021 serah terima mahasiswa di lakukan di Kecamatan Teunom, Aceh Jaya dan di Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue.

Lainnya :