NAPAK TILAS KISAH PAHLAWAN NASIONAL, MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI GELAR CCFC Ke-2
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 17. 03. 2020
  • 0
  • 271

Meulaboh | Sebanyak 30 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Teuku Umar melaksanakan napak tilas kisah pahlawan nasional Cut Nyak Dhien di Desa Blang Pu’uk, Kec. Beutong Ateuh, Kab. Nagan Raya. Kegiatan bertajuk Communication Camp for Change (CCFC) ke-2 dilaksanakan sejak tanggal 13 hingga 15 Maret 2020.

Iwan Doa Sempena, M.PSSP selaku dosen pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari perkuliahan Kepemimpinan Teuku Umar yang menjadi salah satu mata kuliah wajid di Universitas Teuku Umar.

Iwan melanjutkan bahwa tujuan kegiatan CCFC ke-2 ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang kisah pahwalan nasional, khususnya Cut Nyak Dhien.

“Melalui napak tilas ini diharapkan muncul rasa bangga dan menambah kecintaan mahasiswa kepada pahlawannya. Apalagi di sini ada tugu Cut Nyak Dhien yang menjadi lokasi saat Cut Nyak Dhien ditangkap Belanda sebelum diasing ke Sumedang,” ujar Iwan.

Selain melakukan napak tilas ke situs-situs bersejarah, kegiatan CCFC ke-2 juga diisi dengan aktivitas bakti sosial berupa penanaman pohon di lingkungan Desa Blang Pu’uk. Penanaman dilakukan bersama dengan perangkat desa dan masyarakat. Terlihat antusiasme masyarakat mengikuti prosesi penanaman pohon.

Di samping itu, mahasiswa juga melaksanakan nonton film edukasi bersama anak-anak Desa Blang Pu’uk. Film bertema pendidikan dipilih untuk meningkatkan motivasi anak-anak Desa Blang Pu’uk agar berani meraih mimpi yang lebih tinggi.

Melalui berbagai rangkaian kegiatan ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja, namun juga memiliki kepekaan sosial untuk memahami kondisi masyarakat.

“Ini adalah bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa perlu terjun ke masyarakat untuk memahami permasalahan yang ada di masyarakat. Pada akhirnya dapat merancang solusi terbaik bagi kesejahteraan masyarakat,” terang Iwan. (FISIP UTU Official).

Komentar :

Lainnya :