CEGAH PENULARAN COVID-19 ala FISIP UTU
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 22. 03. 2020
  • 0
  • 221

Meulaboh - UTU | Covid-19 telah menjadi pandemi bagi seluruh dunia. Berdasarkan data global yang diterbitkan worldometers, hingga 22 Maret 2020 sebanyak 308.594 jiwa terinfeksi Cvoid-19 dan 13.069 jiwa meninggal dunia. Dari jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19, secara global sejumlah 95.829 jiwa berhasil sembuh dari virus yang belum ditemukan obatnya ini.

Untuk Indonesia, data yang dipublikasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) hingga 21 Maret 2020 menyebutkan bahwa sejulah 450 orang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 dan telah ditangangi secara intensif di rumah sakit rujukan. Dari angka tersebut sebanyak 38 jiwa meninggal dan 20 jiwa berhasil disembuhkan.

Melihat data-data tersebut, kita patut prihatin mengingat hingga kini belum ada obat atau anti-virus yang berhasil diciptakan oleh para peneliti dan dokter.

Berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya adalah anjuran untuk bekerja dari rumah (work from home) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Oleh karenanya semua kantor, sekolah, dan kampus ditutup selama dua pekan sejak tanggal 16 Maret 2020.

Menyikapi kondisi ini, Dekan FISIP UTU, Basri, SH., MH., menyatakan keprihatinan terhadap pandemi global yang saat ini melanda dunia. Basri menghimbau agar seluruh pihak, baik pemerintah, tenaga kesehatan, akademisi, pengusaha, dan masyarakat agar mau mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing agar Covid-19 mudah ditangani.

“Kita tahu bahwa kondisi saat ini sangat berisiko tinggi. Perlu gerakan bersama untuk memutus mata rantai penularan. Tenaga medis melakukan tugas mereka untuk mengobati pasien yang terinfeksi. Sedangkan kita sebagai masyarakat awam harus membantu mereka untuk tetap di rumah dan jangan keluar jika tidak ada hal mendesak,” ujar Basri.

Untuk mencegah penularan Covid-19, Basri memberikan tips dengan metode FISIP UTU.

  1. Fisik harus selalu dijaga agar tetap sehat;
  2. Imunitas tubuh ditingkatkan dengan konsumsi makanan bergizi dan multivitamin;
  3. Selalu mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer setiap selesai menyentuh barang dan bersalaman;
  4. Ingatkan keluarga untuk tetap berada di ruah, kecuali ada keperluan yang mendesak sehingga harus keluar rumah;
  5. Periksakan diri ke dokter jika mengalami flu, batuk, dan demam lebih dari 3 hari;
  6. Upayakan jaga jarak dengan orang lain (social distancing);
  7. Tidak lupa menggunakan masker jika keluar rumah;
  8. Utamakan berdo’a kepada Allas swt, semoga kita semua dijauhkan dari Covid-19

 

(FISIP UTU Official)

Lainnya :