FISIP JAJAKI KERJASAMA DENGAN DINAS PERTANAHAN ACEH
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 13. 03. 2020
  • 0
  • 597

Meulaboh | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar melakukan silaturahmi dan menjajaki kerjasama dengan Dinas Pertanahan Aceh di Banda Aceh.

Silaturahmi berlangsung di ruang rapat Dinas Pertanahan Aceh (DPA), Banda Aceh, Jum’at (13/3).
 
Pada kesempatan itu, rombongan FISIP UTU yang dipimpin oleh Dekan FISIP, Basri, SH., MH., disambut oleh Kepala Bidang Penanganan Masalah, Pembinaan, dan Penyuluhan Pertanahan, M. Nizwar, SH., MH.

Dalam sambutannya, Nizwar menyatakan sangat senang tim FISIP UTU datang berkunjung dan menjajaki rencana kerjasama dengan DPA.

“Kami menyambut baik kedatangan tim FISIP UTU ke DPA. Ini bisa menjadi titik awal bagi kerjasama pemerintah dan perguruan tinggi untuk membantu mencari solusi terbaik bagi permasalahan agraria di Aceh,” ungkap Nizwar.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FISIP, Basri mengatakan bahwa masalah agraria menjadi permasalahan pokok masyarakat yang memang harus dicari jalan keluar terbaik.

“Kami di UTU core product-nya itu Agro and Marine, jadi masalah pertanahan tentu masuk dalam lingkup tersebut. Kampus memiliki sumber daya manusia untuk melakukan riset dan pengabdian agar didapatkan jalan keluar bagi masalah agraria di Aceh,” ujar Basri.

Penjajakan kerjasama ini diinisiasi oleh Program Studi Ilmu Hukum, FISIP UTU. Rekomendasi yang dihasilkan dari pertemuan tersebut, antara lain, FISIP UTU melakukan mapping atau pemetaan terkait permasalahan tanah di Barsela, kajian mengenai reformasi agraria dan alih fungsi tanah agar tepat sasaran, serta membuat zonasi permasalahan. Hasil kajian selanjutnya akan dibahas bersama degan DPA.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Dekan I FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, Wakil Dekan II FISIP Apri Rotin Djusfi, SH., MH, dan Kepala Bagian Tata Usaha FISIP UTU Raflizar, S.STP., M.Si. Selain itu, beberapa perwakilan dari Dinas Pertanahan Aceh juga tampak ikut serta berdiskusi mengenai berbagai masalah dan rencana solusi bagi isu pertanahan di Provinsi Aceh khususnya Aceh Barat Selatan. (FISIP UTU Official)

Lainnya :