Dosen Agribisnis UTU Lakukan Pengabdian Kepada Kelompok Tani Meureubo
  • UTU News
  • 18. 05. 2019
  • 0
  • 771

MEULABOH – Salah Seorang Dosen Program Studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian-Universitas Teuku Umar (FP-UTU), Sri Handayani, SP.,M.Si melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu, 11 Mei 2019 lalu. Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan yang dilakukan Sri Handayani kepada Kelompok Tani Jasa Budi di Desa Peunaga Cut Ujong itu, atas undangan dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Meureubo.

Pengabdian penyuluhan kepada kelompok tani itu, Sri Handayani sekaligus dipercaya sebagai salah seorang pemateri dengan tema, ‘Strategi Pemasaran Semangka di Desa Peunaga Cut Ujung Kecamatan Mereubo”. Peserta penyuluhan adalah kelompok tani, mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, Tim penyuluh Pertanian Kecamatan Meureubo yaitu Hewi Susanti, SP, dan Rosmeri, SP, serta Mewakili Koordinator BPP Kecamatan Meureubo, Hasbi, SP dan juga hadir Babinsa Kecamatan Meureubo, Muhammad Munir.

Sri Handayani mengatakan, bulan ramadhan merupakan bulan rahmat, maghfirah dan bulan ampunan Allah SWT dan di dalam bulan ramadhan itu banyak keberkahan diberikan kepada hamba-Nya yang beriman. Dan pintu keberkahan dapat diraih apabila kita mampu berbuat dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat,  salah satunya apa yang telah dilakukan oleh Sub Kelompok Tani Jasa Budi yang diketuai oleh Mardian.

Dengan bermodalkan swadaya,  Kelompok Tani Jasa Budi ini telah memiliki lahan seluas dua hektar, yang didalam lahan tersebut telah ditanami semangka (citrullus vulgaris). Seperti yang kita ketahui,  dalam bulan ramadhan semangka menjadi primadonanya makanan berbuka, karena semangka mampu memberikan kesegaran yang digemari oleh semua golongan, orang dewasa sampai anak-anak,  yang dapat dimakan langsung (sering juga disebut buah meja). Buah semangka selain rasanya manis juga banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu bisnis semangka juga sangat menjanjikan seperti yang dialami Kelompok Tani Jasa Budi tersebut.  “Dalam lahan seluas dua hektar itu, atas usaha dan kerja keras Sub Kelompok Tani Jasa Budi telah mampu menghasilkan 22 ton semangka”.

Dalam kesempatan itu, Sri Handayani menyampaikan, strategi pemasaran punya peranan penting dalam berbisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi, baik di bidang harga barang maupun jasa. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan. Bauran pemasaran semakin lama semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi product, price, promotion, dan place (4-P), namun juga meninjau dari segi people, process, dan physical evidence yang selanjutnya dikenal dalam istilah bauran pemasaran jasa sebagai 7P.

Selain itu, Sri Handayani juga mengingatkan,  karakteristik produk pertanian adalah rawan terhadap kerusakan (perishable) dan memiliki ukuran yang besar pertumpukan (bulky/voluminous). Oleh karena itu, para petani sebagai produsen usaha penting memahami pemasaran yang dilakukan tidak hanya sekedar offline namun pemasaran secara online. Hal itu, mengingat dewasa ini dunia internet sudah semakin luas sehingga produsen tidak hanya mengandalkan alat tradisional semata. “Hal itu diakui oleh Rika Sanri, Jefri Sidiq, Annisa dan Tri Yuliani, mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar. (***)

Lainnya :