CEGAH PENULARAN COVID-19, FISIP UTU BAGIKAN MASKER GRATIS
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • 31. 03. 2020
  • 0
  • 735

Meulaboh UTU | Untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus Corona, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU) membagikan masker gratis kepada civitas akademik dalam lingkup UTU dan masyarakat, Selasa (31/3). Kegiatan pembagian masker ini dilakukan oleh tenaga kependidikan (Tendik) FISIP UTU dipimpin oleh Raflizar, SSTP., M.Si., selaku Kepala Bagian Tata Usaha FISIP UTU.

Menurut Raflizar, pembagian masker ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pimpinan, dosen, tendik, dan Dharma Wanita FISIP UTU terhadap kesehatan civitas akademik UTU yang masih melakukan tanggung jawab mereka di UTU seperti tenaga kependidikan dan sekuriti.

Raflizar menyatakan bahwa pembagian masker secara gratis ini dikarenakan beberapa faktor. Pertama, beberapa tenaga pendidikan dan sekuriti harus tetap masuk kantor untuk menjalankan kewajiban mereka. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Rektor UTU Nomor 5/UN59/KP.11.00/2020 tentang Perpanjangan Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan UTU.

“Surat edaran Rektor UTU berisikan instruksi agar tendik tetap masuk kantor meskipun menggunakan metode shift”, ujar Raflizar.

Faktor kedua menurut Raflizar adalah langkanya masker di pasaran. Sejak kasus pertama Covid-19 terdeteksi di Indonesia, penjualan masker mulai langka di apotek-apotek. Banyak tendik yang tidak memiliki masker karena sulit mendapatkannya.

“Masker sudah sulit didapatkan di pasaran. Kalau pun ada harganya sangat mahal. Jadi dengan adanya masker hasil produksi Dharma Wanita FISIP UTU ini kita bisa mengurangi beban tendik dan sekuriti yang harus tetap bekerja di tengah wabah ini”, pungkas Raflizar.

Raflizar menerangkan masker yang dibagikan berasal dari unit usaha Dharma Wanita FISIP UTU. Stok masker yang dibagikan berjumlah 500 lembar. Sasaran pembagian masker ini tidak hanya tendik dan sekuriti saja, melainkan juga akan dibagian kepada masyarakat sekitar UTU.

“Hari Kamis (2/4) kita rencananya akan membagikan masker ke masyarakat sekitar UTU. Agar masyarakat juga terlindungi sekaligus bukti bahwa FISIP UTU ada untuk peduli pada masyarakat sekitar”, tutur Raflizar.

M. Idris, M.Pd., Kepala Bagian Tata Usaha FKM UTU menyambut bahagia inisiatif civitas akademik FISIP UTU melalui pembagian masker ini. Seraya mengucapkan rasa terima kasih atas solidaritas civitas akademik FISIP UTU di tengah wabah Covid-19.

“Saya menaruh hormat kepada FISIP UTU yang telah berinisiatif dan peduli dengan teman sejawatnya di UTU. Hal-hal seperti ini patut ditiru dan diapresiasi”, ungkap Idris.

Data pemantauan covid19.go.id, hingga 31 Maret 2020 pukul 15.32 WIB data positif infeksi virus Corona di Indonesia berjumlah 1.414. Total pasien meninggal dunia adalah 122 orang dan berhasil sembuh berjumlah 75. Menanggapi kondisi tersebut Rektor UTU telah mengeluarkan edaran untuk memperpanjang masa bekerja dari rumah (work from home) dan belajar dari rumah (learn from home) bagi seluruh civitas akademik UTU hingga 29 Mei 2020. (FISIP UTU Official)

Lainnya :