696 Mahasiswa UTU Laksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Aceh Selatan
  • UTU News
  • 27. 07. 2021
  • 0
  • 741

MEULABOH-UTU|Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu poin penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Teuku Umar melalui Koordinator Pusat Kuliah Kerja Nyata dan Magang (Korpus KKN dan Magang) melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa KKN-T “Membangun Desa” Tahun 2021 di Ruang Rapat Senat UTU, Selasa (21/07/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Bupati Aceh Selatan yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekda Aceh Selatan Ir. said azhar, SH yang hadil melalui meeting zoom, para camat di 8 kecamatan, yaitu Camat Kecamatan Labuhan Haji timur, Camat Kecamatan Labuhan Haji Timur, Camat Kecamatan Labuhan Haji Barat, Camat Kecamatan Meukek, Camat Kecamatan Sawang, Camat Kecamatan Samadua, Camat Kecamatan Tapaktuan dan Camat Kecamatan Pasie Raja. Dari unsur UTU hadir Dekan Lingkup UTU, Kabiro AKPK dan Kabiro Umum dan Keuangan UTU.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN Tematik tersebut sangat penting untuk dilaksanakan sebagai jembatan penghubung ilmu pengetahuan dari dunia akademis kepada masyarakat di daerah. Selain itu, Ia juga mengatakan dengan adanya KKN seperti inilah sehingga  dapat memperdekatkan hubungan ukhwah serta emosional antara kampus dan masyarakat.

Prof.  Jasman berharap kepada mahasiswa UTU peserta KKN-Tematik tahun 2021 agar dapat menjaga nama baik almamater dan memberikan transfer ilmu pengetahuan dan kreativitasnya kepada masyarakat. Misalnya pada perangkat gampong atau aparatur gampong dalam pencatatan dana desa agar bisa dilakukan pendataan yang baik yang dapat dipublikasikan diberbagai media sosial dan menjadi media komunikasi yang baik antara apartur gampong dan masyarakat.

Dikesempatan yang sama, Camat Kecamatan Meukek, yang mewakili dari 8 Camat kecamatan di Aceh  Selatan yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa, satu-satunya pintu membangun desa adalah melalui peningkatan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Dengan dihadirkannya BUMG diharapkan dapat meingkatkan  pendapatan desa dan meningkatkan kesejahteraan desa.

“Kami sangat membutuhkan bantuan praktik dari Kuliah Kerja Nyata para adikadik mahasiswa UTU  agar semoga dapat menggali dan membina potensi desa masing-masing di Kecamatan. Pada prinsipnya mereka (BUMG.red) sudah tahu namun tidak terlalu mengenali dari sudut manajemen dan pemasaran, oleh sebab itu diharapkan dengan kehadiran mahasiswa KKN dapat memberikan sharing ilmu dengan para perangkat BUMG dalam menggali potensi desa-desa yang ada di 8 Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan,”harapnya.

Korpus KKN dan Magang, Teungku Nih Farisi, SKM, M.Kes selaku Ketua Panitia KKN-T melaporkan bahwa program tersebut dilaksanakan dalam rangka membangun desa dengan pencapaian sustainable development goals. Dengan tujuan mewujudkan desa yang memiliki keunggulan kolaboratif, berdaya saing serta berkelanjutan mendukung Indonesia Maju, SDM Unggul.

“Dalam hal ini dalam program KKN-T ini terdapat 8 fokus desa, yaitu, Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa Ekonomi Merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa Peduli Pendidikan, Desa Ramah Perempuan, Desa Bejejaring Networking, dan Kemudian Desa Tanggap Budaya.  Adapun jumlah peserta KKN-T yang akan disebarkan pada 8 Kecamatan di Aceh Selatan adalah sebanyak 696 mahasiswa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 219 dan 477 perempuan. Prodi yang mengikuti KKN membangun desa ada 17 Prodi yang keterwakili dari 6 fakultas di lingkup UTU. Setiap desa akan diturunkan 5 mahasiswa dengan disiplin ilmu yang berbeda dengan tujuan agar dapat memberikan pemahaman dan wawasan yang lengkap kepada masyarakat,”tutupnya.

 

Lainnya :